Tujuan, Fungsi, dan Kegunaan Ilmu Sosiologi

Ilmu sosiologi mempelajari manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Objek ilmu sosiologi adalah masyarakat dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat dari hubungan tersebut.

Tujuan ilmu sosiologi adalah meningkatkan daya atau kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Melalui pengem bangan pengetahuan mengenai gejala-gejala kemasyarakatan yang dapat dimanfaatkan secara efektif, diupayakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial (problem solving).

Sosiologi memiliki cara kerja atau metode yang terbagi atas dua jenis, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

Sosiologi mempelajari pola-pola hubungan dalam masyarakat dan lingkungannya serta mencari pengertian-pengertian umum secara rasional dan empiris.

Realitas sosial budaya adalah isi dasar ilmu sosiologi, yaitu kenyataan kehidupan sosial seperti adanya masyarakat,
kelompok, dan para individu.

Ada banyak faktor yang menjadi sumber masalah sosial di dalam masyarakat dan lingkungannya, antara lain adalah faktor ekonomis, biologis, psikologis, dan kebudayaan setempat.


Improve Your English Today

Konsep Dasar, Ciri, dan Metode Ilmu Sosiologi

Konsep Dasar, Ciri, dan Metode Ilmu Sosiologi

Perkembangan Ilmu Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu hukum dan aturan masyarakat, dan karakteristik dari pengembangan dan pengoperasian sistem sosial didefinisikan sejarah, ilmu mekanisme kerja dan bentuk ekspresi dari aturan dalam kegiatan individu, kelompok sosial, kelas sosial dan kelompok etnis.

Sosiologi merupakan ilmu sosial yang masih dalam masa pertumbuhan, dan memiliki sejarah yang terpisah. Sebelum abad ke-19, sosiologi bukan ilmu yang mandiri, tetapi dilarutkan ke dalam ilmu-ilmu lainnya, seperti antropologi , etnografi, psikologi, psikologi sosial dan terutama filsafat – ilmu dari semua ilmu.

Sosiologi muncul di abad kesembilan belas di Eropa sebagai sejarah sosial yang sangat diperlukan. Kebutuhan akan ilmu sosiologi tercermin dalam permintaan dan perkembangan perubahan kondisi matang dan prasyarat dan kesadaran kehidupan sosial. Fluktuasi besar dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial, dan sebagian besar Eropa pada abad kedelapan belas dan abad kesembilan belas telah menempatkan kebutuhan praktis baru untuk kesadaran sosial. Sosiologi adalah ilmu yang berkembang pesat seiring dengan dinamika yang terjadi dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>